Jumat, 21 Juni 2013

Cara Crop Banyak Gambar Sekaligus Di Linux Menggunakan Perintah Command Line



Dulu saya pernah mencari tahu bagaimana sih caranya meng-crop banyak gambar sekaligus di Linux, cara meng-crop-nya adalah menggunakan perintah command line, dan perintahnya masih saya simpan, nah di artikel ini saya ingin men-share-nya dengan anda. Sebelum membuka aplikasi Terminal anda dan mengetikkan perintah untuk cropping gambarnya, hal pertama yang harus anda lakukan adalah meng-install ImageMagick (jika anda belum meng-install-nya), karena perintah yang akan kita gunakan untuk melakukan cropping ini adalah bagian dari perintah yang dimiliki oleh package bernama ImageMagick.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah meng-copy semua file-file gambar yang ingin anda crop ke dalam sebuah folder, hal ini dilakukan agar anda masih tetap memiliki file-file aslinya karena proses cropping yang nanti akan anda lakukan itu akan mengubah file-filenya (tidak diduplikat secara otomatis lalu di-crop).

Setelah anda copy semua file gambarnya ke sebuah folder baru, sekarang buka aplikasi Terminal-nya lalu ketikkan perintah untuk pindah ke lokasi folder baru tersebut, sebagai contoh saya membuat folder baru bernama tes di dalam folder Desktop saya, maka saya ketikkan perintah cd Desktop/tes untuk berpindah ke dalam folder tersebut. Setelah anda masuk ke folder baru anda, sekarang ketikkan perintah untuk cropping gambarnya, format perintahnya adalah mogrify -crop lebar_gambarxtinggi_gambar+spasi_dari_kiri_ke_kanan+spasi_dari_atas_ke_bawah *.* silahkan ganti tulisan yang saya beri warna merah pada format perintah di atas sesuai dengan apa yang anda inginkan. Contoh perintahnya adalah sebagai berikut: mogrify -crop 500x200+25+10 *.*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar