Senin, 06 Mei 2013

Cara Memperpendek Perintah Command-Line Di Linux Lubuntu Menggunakan Alias



Tadi pada saat mengetes perintah command-line untuk mematikan layar secara instan, saya juga belajar cara memperpendek sebuah perintah menggunakan alias, nah di artikel ini akan saya ajarkan bagaimana caranya. Cara ini sudah saya tes di distro Linux Lubuntu 13.04 dan berhasil, berikut caranya, pertama anda buka aplikasi Terminal anda atau LXTerminal (kalau di Lubuntu), dan pastikan anda berada di direktori Home akun anda, caranya adalah dengan mengetikkan perintah pwd nanti akan muncul path direktori tempat anda berada saat ini, jika path-nya seperti ini /home/nama_user_anda maka anda saat ini ada di direktori Home.


Selanjutnya anda buat file dengan nama .bash_aliases di direktori Home anda tersebut menggunakan perintah sudo gedit .bash_aliases atau sudo leafpad .bash_aliases silahkan pilih, jika anda menggunakan aplikasi gedit maka pilih yang gedit, jika anda menggunakan leafpad maka pilih yang leafpad.

Setelah itu untuk membuat alias formatnya adalah sebagai berikut:

alias nama_alias_yang_anda_inginkan='baris perintah'

Contohnya adalah sebagai berikut:

alias layarmati='xset dpms force off'

Setelah anda buat aliasnya sekarang anda simpan dokumen .bash_aliases nya lalu tutup aplikasi gedit / leafpad nya dan tutup juga aplikasi Terminal / LXTerminal anda, lalu buka lagi aplikasi Terminal / LXTerminal anda, sekarang coba anda tes ketikkan nama alias yang tadi anda buat, kalau pada contoh alias di atas, jika saya ketikkan perintah layarmati di aplikasi LXTerminal saya maka layar netbook saya akan langsung mati sesuai dengan fungsi baris perintah xset dpms force off yang digunakan oleh alias layarmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar