Minggu, 21 April 2013

Daftar Shortcut Windows 8 - Membuka Task Manager, Menu Control Panel, Memperbesar / Memperkecil Tampilan Layar



Dari sisi user interface (antarmuka pengguna), sistem operasi Windows 8 ini buat saya pribadi sebagai pengguna komputer desktop terasa cukup membingungkan, contohnya ketika saya ingin membuka Control Panel, saya bahkan harus browsing-browsing dulu untuk tahu bagaimana caranya agar saya bisa membuka Control Panel tersebut. Saya rasa anda yang juga baru menggunakan Windows 8 akan merasakan kebingungan seperti yang saya alami, untuk itu berikut ini saya share dengan anda daftar beberapa shortcut Windows 8 termasuk shortcut untuk membuka Control Panel yang saya rasa akan bermanfaat untuk anda. Buat anda yang tidak tahu, yang dimaksud dengan Windows pada daftar shortcut di bawah ini adalah tombol berlogo Windows yang terdapat di keyboard anda.

  • Windows = Untuk berpindah tampilan dari tampilan menu Start ke Desktop maupun sebaliknya.
  • Windows + X = Untuk membuka menu berisi shortcut berbagai program administrasi seperti Power Options, Device Manager, Disk Management, Command Prompt, Task Manager, Control Panel dan lain sebagainya.
  • Windows + C = Untuk membuka Charms bar (bar menu yang muncul jika anda gerakkan cursor mouse anda ke pojok kanan atas).
  • Ctrl + Shift + Esc = Untuk membuka program Task Manager.
  • Windows + Q = Untuk membuka tampilan berisi daftar semua aplikasi yang ter-install di Windows 8 anda.
  • Windows + W = Untuk membuka Search bar.
  • Windows + E = Untuk membuka Windows Explorer.
  • Windows + R = Untuk membuka jendela kecil Run.
  • Windows + U = Untuk membuka jendela Ease of Access Center yang berisi shortcut program-program seperti Magnifier, On-Screen Keyboard, Narrator dan Set up High Contrast.
  • Windows + P = Untuk memproyeksikan tampilan layar ke layar tambahan.
  • Windows + + = Untuk memperbesar tampilan layar.
  • Windows + - = Untuk memperkecil tampilan layar.
  • Windows + F = Untuk membuka tampilan Search untuk mencari file.
  • Windows + L = Untuk mengunci layar. 
  • Alt + F4 = Untuk memunculkan jendela kecil yang berisi menu Shut down, Restart, Sign out dan Switch user. Shortcut yang satu ini hanya akan berfungsi kalau anda berada pada tampilan Desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar