Senin, 11 Maret 2013

Shutter, Program Bagus Untuk Membuat Screenshot Di Linux



Seorang blogger yang sering membuat artikel tentang tutorial komputer pasti tidak akan pernah terlepas dari kegiatan membuat screenshot, nah kalau dulu di Windows program favorit saya untuk membuat screenshot itu adalah Snagit, tapi setelah berpindah ke Linux saya sempat bingung juga soalnya Snagit tidak memiliki versi untuk Linux. Awalnya saya mencoba program bawaan Linux Mint yang bernama Screenshot, namun karena fungsinya terasa kurang akhirnya saya mencari-cari lagi dan menemukan sebuah program bernama Shutter. Setelah saya coba, saya merasa puas dengan program gratisan ini, Shutter bisa memenuhi kebutuhan saya dalam membuat screenshot, walaupun memang tidak sebagus Snagit tapi hampir mendekati lah. Dengan Shutter saya bisa meng-capture semua tampilan desktop, jendela tertentu atau dengan cara menyeleksi bagian tertentu di layar. Kemudian hasil capture-nya bisa saya edit seperti menambahkan teks, panah, shape, menyensor sesuatu, crop dan lainnya. Salah satu kekurangan dari program Shutter ini yang saat ini saya rasakan adalah bagaimana cara me-resize hasil capture-nya ? saya sudah cari-cari tapi tidak menemukan menu untuk melakukan hal tersebut. Tapi overall, saya puas dengan program Shutter ini. Instruksi cara meng-install Shutter bisa anda baca disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar