Kamis, 14 Maret 2013

Shortcut Untuk Kembali Ke Tampilan Start Screen Di Windows 8 Yang Berjalan Di VirtualBox



Ada satu hal yang saya rasakan cukup merepotkan selama saya mencoba sistem operasi Windows 8 yang dijalankan di VirtualBox, untuk kembali ke Start screen seringkali saya harus mengakses Charms bar dengan cara menggerakkan cursor mouse saya ke sebelah kanan atas lalu ketika muncul deretan menunya baru lah disitu saya klik tombol Start untuk kembali ke Start screen. Sebenarnya ada shortcut untuk pindah ke tampilan Start screen yaitu dengan cara menekan tombol berlogo Windows di keyboard (tombol ini selanjutnya saya sebut WIN), tapi jika anda menggunakan VirtualBox maka ketika anda tekan tombol WIN tersebut yang terjadi malah Start menu sistem operasi host yang terbuka (sistem operasi dimana program VirtualBox-nya di-install).

Tapi akhirnya saya menemukan solusinya tadi, shortcut pengganti tombol WIN itu  adalah tombol CTRL kiri + ESC, tombol shortcut tersebut juga bisa digunakan untuk berganti tampilan dari tampilan Start screen ke tampilan Desktop maupun sebaliknya, juga berganti tampilan dari tampilan aplikasi yang sedang kita buka ke tampilan Start screen maupun sebaliknya. Namun tombol shortcut tersebut tidak bisa digunakan jika dikombinasikan, seperti misalnya untuk mengantikan tombol shortcut WIN + C untuk membuka Charms bar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar