Rabu, 20 Maret 2013

Menggunakan Terminal Linux Sebagai Kalkulator Untuk Menghitung Operasi Dasar Aritmetika



Semenjak menggunakan Linux entah kenapa saya jadi lebih senang melakukan segala sesuatu dengan cara mengetikkan perintah command line di aplikasi Terminal, seperti yang barusan saya ketahui ternyata bisa dilakukan melalui Terminal yaitu melakukan penghitungan aritmetika. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah bc nanti Terminal-nya akan berubah ke mode interaktif artinya kita tinggal mengetikkan saja operasi aritmetika-nya, misalnya saya ketikan 100-4 lalu saya tekan Enter, maka hasil yang keluar adalah 96. Tips saya ada baiknya anda menambahkan perintah scale=2; di depan operasi artimetikanya soalnya program bc ini kalau hasilnya tidak bulat maka dia akan membulatkannya, sebagai bukti anda bisa mengetikkan perintah 10/7 lalu tekan Enter, maka nanti yang keluar adalah 1 padahal harusnya kan 1.42. Sekarang coba lagi anda hitung dengan penambahan scale=2; di depannya, jadi perintah lengkapnya adalah scale=2; 10/7 lalu Enter, hasil yang keluar 1.42 kan ?


Program bc ini sepertinya hanya bisa kita gunakan untuk melakukan penghitungan operasi dasar aritmetika saja seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, soalnya waktu saya tes dengan perintah cos 45 maka yang keluar adalah pesan error (standard_in) 1: syntax error.

O ya jika anda sudah selesai menggunakan program bc nya, untuk keluar dari mode interaktifnya caranya anda ketikkan perintah quit lalu tekan tombol Enter.