Rabu, 13 Maret 2013

Kustomisasi Gedit Di Linux Mint Agar Lebih Enak Digunakan Untuk Menulis Program



Saya menggunakan Linux Mint 14 yang menggunakan Cinnamon sebagai desktop environment-nya, di sistem operasi tersebut program yang biasa saya gunakan untuk menulis sesuatu namanya adalah Gedit, versi yang saya gunakan adalah Gedit 2.30.4. Nah ceritanya barusan saya melakukan kustomisasi terhadap program Gedit tersebut dengan mengaktifkan beberapa fiturnya dan beberapa plugin, dan hasilnya, Gedit nya sekarang menjadi lebih enak untuk saya gunakan menulis program terutama PHP karena saya seringnya menulis program PHP. Berikut ini saya share dengan anda kustomisasi apa saja yang saya lakukan tadi, pertama anda klik menu Edit > Preferences karena semua kustomisasi nya dilakukan disitu, lalu ikuti instruksi di bawah ini satu persatu:

  1. Pada tab menu View centang pilihan Display line numbers, Highlight current line dan Highlight matching bracket.
  2. Pada tab menu Editor ganti isian Tab width menjadi 4 lalu centang pada pilihan Enable automatic indentation.
  3. Pada tab menu Plugins centang plugin Change Case dan Sort
  4. Karena saya jarang mengakses toolbar saya pun men-disable-nya supaya area untuk menulis teksnya menjadi lebih banyak, cara men-disable toolbar-nya adalah klik menu View lalu lepaskan tanda centang pada Toolbar.
  5. Terakhir, untuk mengaktifkan syntax highlighting anda ganti pilihan Plain Text di status bar Gedit ke bahasa pemrograman yang akan anda gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar