Senin, 18 Maret 2013

Fungsi Workspace Di Linux & Bagaimana Cara Menggunakannya



Workspace adalah salah satu fitur yang sebenarnya sudah lama saya ketahui ada di Linux tapi baru malam ini saya coba menggunakannya dan mempelajarinya. Fungsi workspace ini adalah untuk memudahkan anda dalam memanajemen jendela-jendela program yang anda buka, jika anda sering bekerja dengan banyak jendela program maka saya rasa anda akan menyukai fitur workspace ini, daripada anda buka semua programnya di satu workspace (tampilan desktop), akan lebih nyaman jika anda bagi-bagi ke beberapa workspace supaya tidak pusing. Sistem operasi Linux yang saya gunakan adalah Linux Mint 14 dan desktop environment yang digunakannya adalah Cinnamon, berikut ini bagaimana caranya menggunakan workspace di sistem operasi tersebut:

Pertama silahkan anda buka satu atau beberapa program di workspace anda saat ini (workspace 1), setelah itu arahkan cursor mouse anda ke pojok kiri atas, nanti tampilan layar anda akan mengecil, perhatikan di bagian tengah kanan layar, disitu ada tombol panah ke kanan, tombol tersebut berfungsi untuk menambahkan workspace baru, silahkan klik tombol tersebut. Nanti anda akan melihat jendela workspace baru ditambahkan (workspace 2), jendela workspace yang aktif ditunjukkan dengan tulisan berwarna kuning.

Klik workspace 2 yang anda buat tadi, tidak ada jendela yang terbuka bukan ? silahkan anda coba buka beberapa jendela program untuk mengetesnya, untuk berpindah lagi ke workspace 1 caranya arahkan lagi cursor mouse anda ke pojok kiri atas lalu pilih workspace 1.

Anda juga bisa memindahkan jendela program yang anda buka di workspace 1 ke workspace 2, caranya anda klik kanan di tab menu programnya di taskbar anda lalu pilih menu Move to right workspace seperti yang bisa anda lihat pada gambar screenshot di bawah ini:


Maka jendela program tersebut pun akan berpindah ke workspace 2, kalau anda pilih menu Visible on all workspace maka jendela program tersebut akan muncul di semua tampilan workspace yang anda buka, nah nanti kalau anda klik kanan lagi di tab menu jendela program tersebut di taskbar maka 2 menu tadi akan hilang dan digantikan oleh menu Only on this workspace yang artinya ditampilkan di workspace ini saja.

Untuk menghapus salah satu workspace caranya anda arahkan cursor mouse anda ke pojok kiri atas kemudian arahkan cursor mouse anda ke thumbnail workspace yang ingin anda hapus, ketika diarahkan nanti akan muncul tombol X di pojok kanan atas thumbnail workspace tersebut, klik tombol tersebut untuk menghapus workspace-nya, jika ada jendela program yang terbuka buka di workspace tersebut maka secara otomatis akan dipindahkan ke workspace di sebelah kirinya.

1 komentar: