Senin, 11 Maret 2013

Cara Install Windows 8 Di VirtualBox



Tadi subuh setelah selesai makan sahur saya langsung meng-install Windows 8 di VirtualBox 4.2.8 yang berjalan di komputer Linux Mint 14 saya. Nah di artikel ini akan saya ajarkan kepada anda langkah demi langkah bagaimana cara install Windows 8 nya. Langkah pertama tentunya anda buka dulu program VirtualBox anda lalu anda klik tombol New, selanjutnya akan tampil jendela seperti yang terlihat di bawah ini, silahkan masukkan nama OS yang anda inginkan lalu sesuaikan pilihan Type dan Version dengan file installer OS yang anda miliki, kebetulan file installer Windows 8 yang saya miliki adalah versi 64-bit, jadi saya pilih Windows 8 (64 bit) pada pilihan Version-nya. Setelah anda isi dan sesuaikan pilihan-pilihannya, klik tombol Next.


Selanjutnya anda akan melihat tampilan jendela untuk setting-an Memory size seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, default-nya adalah 2048 MB. Minimum system requirement atau kebutuhan sistem minimum RAM untuk Windows 8 itu adalah 1 GB untuk versi 32-bit dan 2 GB untuk versi 64-bit, untuk itu pada bagian ini saya biarkan saja default-nya yaitu 2048 MB, selanjutnya klik Next.


Langkah selanjutnya adalah membuat harddisk virtual, pada bagian ini biarkan saja pilihan default-nya yaitu pada Create a virtual hard drive now, klik Create.


Selanjutnya anda akan melihat jendela untuk memilih jenis file hard disk virtual, pada pilihan ini saya juga membiarkannya pada setting-an default-nya yaitu VDI (VirtualBox Disk Image), klik Next.


Langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana hard disk virtual-nya dibuat, apakah ingin Dynamically allocated artinya file-nya ukurannya akan bertambah besar hanya jika anda menggunakannya, atau Fixed size yang artinya ukuran file hard disk virtual-nya fix sebesar yang akan anda set pada langkah selanjutnya, jika anda set 25 GB maka ukuran file-nya akan sebesar itu walaupun anda tidak menggunakannya. Jika ruang kosong hard disk fisik anda pas-pasan, saran saya sih pilih yang Dynamically allocated saja, klik Next untuk melanjutkan proses.


Selanjutnya adalah menentukan lokasi penyimpanan file hard disk virtual dan ukuran yang ingin anda set, pada pilihan ini saya biarkan saja ukuran default-nya yaitu 25 GB, selanjutnya klik Create dan setting-an hard disk virtual untuk OS Windows 8 yang akan anda install pun telah selesai dilakukan.


Langkah selanjutnya adalah memasukkan file ISO Windows 8 anda ke DVD drive virtual, caranya anda klik kanan pada OS Windows 8 nya lalu pilih menu Settings, lalu masuk ke menu Storage > Controller: IDE, kemudian klik pada tulisan Empty di bawahnya, kemudian klik icon bergambar CD pada bagian sebelah kanan lalu pilih menu Choose a virtual CD/DVD disk file, silahkan masukkan file ISO Windows 8 anda disitu lalu klik tombol OK.



Selanjutnya klik kanan pada OS Windows 8 anda lalu pilih menu Start, nanti akan muncul jendela baru dan VirtualBox akan melakukan botting ke CD ISO yang tadi anda masukkan, jika anda melihat jendela kecil bermunculan anda tutup saja jendela-jendela kecil tersebut, nah nanti anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini, saya rasa dari sini anda sudah familiar kan dengan cara meng-install Windows ? jadi saya tampilan saja screenshot-screenshot-nya tanpa saya terangkan satu persatu, berikut screenshot langkah demi langkahnya:




Pada tampilan jendela di bawah ini, silahkan anda klik pilihan Custom: Install Windows only (advanced).




Proses instalasi akan melakukan restart sebanyak 2 kali, tunggu hingga selesai sampai anda melihat tampilan seperti di bawah ini, silahkan pilih warna theme yang anda inginkan dan masukkan nama komputer yang anda inginkan lalu klik Next.


Pada jendela Settings di bawah ini saya memilih Use express settings.


Selanjutnya adalah melakukan login menggunakan akun Microsoft anda, jika anda tidak ingin login menggunakan akun Microsoft anda atau anda tidak memilikinya, anda klik saja link dengan tulisan Sign in without a Microsoft account di pojok kiri bawah, sebaliknya jika anda punya akun Microsoft dan ingin login menggunakan akun tersebut, masukkan email-nya lalu klik tombol Next.


Pada kasus saya tadi, saya memasukkan email untuk login menggunakan akun Microsoft saya, tapi karena koneksi sedang bermasalah maka proses login tidak berhasil dan saya akhirnya membuat akun lokal.



Dan proses instalasi Windows 8 di VirtualBox pun selesai, anda akan melihat tampilan halaman muka Windows 8 seperti di bawah ini.


1 komentar:

  1. Saya Install Di VirtualBox dia gak bisa, tapi kok saya Install Beneran bisa ya??? (Aneh)

    BalasHapus