Jumat, 22 Maret 2013

Cara Cek Versi Program Di Linux Menggunakan Perintah Command Line



Tadi saya penasaran ingin mengetahui desktop environment Cinnamon yang saya gunakan di Linux Mint 14 saya itu versi berapa sih, saya sudah coba mencarinya melalui program GUI System Information tapi tidak menemukan ada tulisan Cinnamon disana, pada program GUI lainnya pun yaitu System Monitor saya tidak melihat tulisan Cinnamon pada tab menu System, yang ada adalah tulisan GNOME 3.6.0, ya.. Cinnamon memang berbasis GNOME Shell. Nah setelah saya browsing-browsing akhirnya ketemu juga caranya, jadi cara cek versi sebuah software di Linux melalui Terminal perintah command line-nya adalah: nama_software --version contoh cinnamon --version atau firefox --version seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini: