Minggu, 10 Februari 2013

Cara Disable GUI Di Debian 6.0



Perintah disable GUI KDE di Debian 6.0 (Squeeze) Hari ini saya meng-install satu lagi sistem operasi di VirtualBox saya yaitu sistem operasi Debian 6.0 (Squeeze), pada saat instalasi sebenarnya saya ingin menghapus tanda centang pada opsi instalasi GUI, namun pada saat saya tekan tombol Enter di keyboard saya eh proses instalasi malah berjalan ke langkah berikutnya dan tidak bisa kembali lagi ke langkah sebelumnya, jadi terpaksa deh saya tunggu hingga selesai proses instalasinya, login, kemudian saya disable GUI-nya, kebetulan GUI yang saya pakai adalah KDE. OK langsung saja berikut cara disable GUI pada sistem operasi Debian 6.0; pertama anda buka dulu program Terminal setelah itu anda login ke akun root anda dengan cara mengetikkan “su” (tanpa tanda kutip) lalu masukkan password-nya, setelah itu anda ketik perintah update-rc.d –f kdm remove, jika anda menggunakan GNOME anda ganti tulisan kdm nya menjadi gdm, setelah itu anda reboot sistem operasi Debian anda dengan mengetikkan perintah reboot seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Jika anda ingin berpindah lagi dari mode tampilan command line ke GUI langkahnya sama seperti di atas tapi pada langkah setelah login sebagai root perintah yang diketikkan adalah update-rc.d –f kdm defaults, untuk GNOME sama seperti di atas, ganti kdm nya menggunakan gdm.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar