Senin, 17 Desember 2012

Cara Agar Navigasi Menu Di Browser Android ICS Menjadi Lebih Mudah Menggunakan Fitur Quick Controls



Menu untuk mengaktifkan fitur Quick Controls di browser Android ICS Tahukah anda bahwa browser bawaan Android ICS memiliki sebuah fitur yang bisa menambah kenyamanan anda dalam browsing yang bernama Quick Controls ? saya pun baru menemukan fitur tersebut hari ini setelah sekitar semingguan menggunakan tablet Android ICS saya ini. Fitur Quick Controls ini secara default tidak aktif, jadi anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu jika anda tertarik untuk mencobanya, cara mengaktifkannya anda tekan tombol dengan tampilan tiga kotak kecil sejajar secara vertical di pojok kanan atas browser Android ICS anda, lalu pilih menu Settings kemudian pilih menu Labs, nah disitu anda bisa melihat pilihan fitur Quick Controls-nya, silahkan anda tekan pilihan Quick Controls tersebut sehingga kotak kecil disebelah kanannya menjadi tercentang. Sekarang tekan tombol Back untuk kembali ke tampilan browser anda, sekarang anda bisa melihat ada yang hilang bukan ? ya.. menu bar yang ada di atas sekarang menjadi hilang, sebagai gantinya menu-menu tersebut sekarang bisa diakses menggunakan jempol kanan atau jempol kiri anda, coba anda tekan bagian layar ujung paling kiri atau kanan menggunakan jempol anda, ada tampilan dengan sejumlah icon yang muncul seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini bukan ? nah itulah fitur Quick Controls-nya.

Tampilan menu fitur Quick Controls di tablet Android ICS

Sekarang akan saya coba terangkan kepada anda fungsi masing-masing tombol icon di Quick Controls tersebut, dimulai dari icon menu paling atas:

  1. Tombol tanda panah ke kanan dan kiri adalah tombol untuk maju ke halaman selanjutnya atau mundur ke halaman sebelumnya yang pernah anda buka di tab browser anda.
  2. Tombol dengan gambar lingkaran terpotong dengan ujung berpanah adalah tombol untuk me-refresh halaman yang sedang anda buka.
  3. Tombol dengan tampilan 3 kotak kecil sejajar secara vertical adalah tombol untuk mengakses menu-menu seperti menu Find on page, History dan Settings.
  4. Tombol bergambar bola dunia adalah tombol untuk memasukkan alamat URL baru di tab browser yang sedang anda buka.
  5. Tombol dengan tampilan seperti tumpukkan kertas yang ada nomor 2 nya pada gambar di atas adalah tombol untuk melihat tab-tab browser yang terbuka di browser anda, angka yang terlihat di tombol tersebut adalah jumlah tab yang sedang anda buka.
  6. Tombol plus (+) berfungsi untuk membuka tab browser baru.
  7. Tombol (x) berfungsi untuk menutup tab yang sedang anda lihat.
  8. Tombol dengan gambar bintang adalah tombol untuk membuka halaman Bookmarks.

Demikian lah cara menggunakan fitur Quick Controls di browser Android ICS, fitur ini bagi saya pribadi benar-benar mempermudah urusan navigasi menu, sebelum menemukan fitur ini saya seringkali kesulitan jika ingin menutup sebuah tab browser dikarenakan tombolnya terlalu kecil untuk jari saya, begitu pun kalau ingin berpindah tab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar