Senin, 12 November 2012

Cara Menambah Alokasi RAM Di VirtualBox



Menu Settings di VirtualBox Kemarin malam saya meng-install sistem operasi Ubuntu 12.04 64-bit di VirtualBox komputer Windows 7 saya, nah setelah selesai di-install Ubuntu-nya kemudian saya coba dan ternyata dengan alokasi RAM sebesar 512 MB Ubuntu terasa agak berat, karena kemarin malam fokus saya tertuju kepada sesuatu yang ingin saya selesaikan dengan cepat di Ubuntu, jadi baru malam ini lah saya meluangkan waktu untuk mencari tahu bagaimana kah cara menambah alokasi RAM pada sistem operasi Ubuntu di VirtualBox. Caranya sangat gampang ternyata, sebelum memulai jika sistem operasi yang ingin and tambah alokasi RAM-nya sedang berjalan maka anda shutdown dulu sistem operasi tersebut, setelah itu di jendela VirtualBox-nya anda klik kanan sistem operasi yang ingin anda tambah alokasi RAM-nya lalu pilih menu Settings, pada jendela yang muncul anda klik menu System, nah disitu ada tombol slider untuk menambah alokasi RAM, silahkan anda geser ke kanan atau langsung anda ketikkan saja jumlah persisnya pada kotak yang ada di sebelah kanan tombol slider tersebut. Hitung baik-baik jumlah alokasi RAM yang anda masukkan, jangan sampai komputer anda kekurangan RAM karena dipakai sistem operasi yang berjalan di VirtualBox. Total RAM yang ter-install di komputer saya adalah 8GB, dan tadi saya masukkan alokasi RAM sebesar 1024 MB untuk Ubuntu, setelah saya tes sekarang Ubuntu-nya tidak terasa berat seperti kemarin malam.

Menambah alokasi RAM untuk sistem operasi Ubuntu di VirtualBox


1 komentar: