Rabu, 18 Mei 2011

Apa Yang Bisa Dilakukan Di Internet ?



Ok, ini artikel pertama saya di blog ini, blog yang sengaja saya buat khusus untuk berbagi ilmu pengetahuan yang saya miliki terutama di bidang yang berhubungan dengan komputer dan internet karena aktifitas saya sehari-hari tidak pernah lepas dari dua hal itu. Sebelum saya mulai menulis artikel ini tadi saya sempat berpikir sejenak untuk mencari tahu topik apa yang tepat saya tulis sebagai artikel pertama di blog ini, dan akhirnya saya memilih topik "Apa yang bisa dilakukan di internet ?", saya pikir ini mungkin pertanyaan yang muncul di benak setiap orang ketika pertama kali online di internet. Topik ini saya pilih karena saya ingin menulis artikel di blog ini dari tingkatan yang paling bawah ke atas. Saya mencoba mengasumsikan diri saya sebagai orang yang pertama kali berkenalan dengan komputer dan internet lalu mencoba mencari tahu pertanyaan-pertanyaan apa yang akan timbul di benak saya yang selanjutnya pertanyaan-pertanyaan tersebut akan saya tuangkan dalam bentuk artikel yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya, amin.

Karena anda sekarang sudah membaca artikel ini yang hampir bisa saya pastikan anda menemukan artikel ini dari search engine seperti Google jadi anda sudah tahu apa fungsi dari search engine atau mesin pencari itu.

Apa yang bisa dilakukan di internet hampir tidak ada batasnya, sama seperti di dunia nyata, hanya bedanya di internet itu semuanya serba cepat, sebagai contoh, salah satu yang bisa anda lakukan di internet adalah berkirim surat elektronik atau email (electronic mail) kepada seseorang yang jauh di luar negeri sana hanya dalam hitungan detik atau bahkan mungkin mili detik. Jadi dengan internet jarak yang jauh akan terasa dekat, itulah hebatnya internet.

Selain berkirim email, hal lainnya yang bisa anda lakukan di internet adalah bertemu dengan teman lama. Anda mungkin sudah sering mendengar orang menyebut kata Facebook ?? itu adalah nama sebuah situs jejaring sosial yang didesain sedemikian rupa untuk mempermudah para penggunanya menemukan teman-teman yang dikenalnya di dunia nyata yang kebetulan juga bergabung di situs Facebook tersebut. Facebook ini memiliki jumlah pengguna yang sangat besar termasuk juga di Indonesia, jadi kemungkinan untuk menemukan teman lama anda disana cukup besar.

Selanjutnya yang bisa dilakukan di internet adalah belajar sesuatu, ya.. seperti yang sedang anda lakukan di blog ini, hampir tidak ada batasan apa yang bisa anda pelajari di internet, cukup ketikkan saja kata kuncinya di Google dan anda akan menemukan artikelnya untuk anda pelajari.
Hal lainnya yang bisa dilakukan di internet adalah melihat video, apakah itu video klip lagu, cuplikan konser artis idola anda, cuplikan pertandingan sepakbola dan lain sebagainya bisa anda temukan dan tonton dengan mudah di internet. Situs paling populer yang bisa anda akses untuk menemukan video yang anda cari adalah YouTube.

Masih banyak hal-hal lainnya yang bisa anda lakukan di internet yang tidak mungkin saya tuliskan satu persatu di artikel ini, jadi untuk topik ini saya rasa sudah cukup pembahasannya sampai disini saja.

Akhir kata saya ingin memberikan sedikit pesan, internet itu adalah media yang dioperasikan oleh orang-orang dari dunia nyata, jadi apa yang anda lakukan di internet berpengaruh kepada kehidupan mereka di dunia nyata, begitu pun sebaliknya, dan sama seperti di dunia nyata ada orang baik dan ada juga orang jahat, ada yang tulus ingin membantu tapi ada juga yang niatnya ingin menipu, jadi di internet pun diperlukan kehati-hatian dalam bertindak dan menanggapi tindakan orang lain. Itu saja pesan dari saya untuk anda, semoga bermanfaat dan semoga hari anda menyenangkan :)