Rabu, 19 September 2012

Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim Email Lewat Mozilla Thunderbird Menggunakan Smartfren & Gmail



Ada kendala yang saya temui ketika kemarin saya kembali menggunakan program Mozilla Thunderbird, kendalanya adalah saya tidak bisa mengirim email, download email sih lancar tapi ketika mengirim email muncul jendela error dengan tulisan “Sending of message failed. The message could not be sent because the connection to SMTP server smtp.googlemail.com timed out. Try again or contact your network administrator.” Seingat saya dulu ketika menggunakan koneksi Indosat tidak ada masalah tuh ketika pertama kali setup akun Gmail di Mozilla Thunderbird lalu mencoba melakukan tes pengiriman email, entah kenapa kemarin itu kok emailnya tidak bisa terkirim ya menggunakan koneksi Smartfren.

Setelah mencari-cari solusinya akhirnya saya menemukan cara mengatasi tidak bisa kirim email lewat Mozilla Thunderbird menggunakan koneksi Smartfren ini, caranya adalah dengan mengganti settingan SMTP Server akun email-nya, kebetulan saya menggunakan Gmail, berikut langkah mengganti SMTP server di Mozilla Thunderbird:

Klik Tools > Account Settings, kemudian klik menu “Outgoing Server (SMTP) pada jendela sebelah kiri bawah), pilih akun email yang ingin anda edit settingan SMTP server-nya lalu klik tombol “Edit”. Nanti akan muncul jendela kecil seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, nah disitu anda ganti isian server name dari yang asalnya “smtp.googlemail.com” menjadi “smtp.gmail.com”, kemudian ganti juga pilihan “SSL/TLS” di bagian connection security menjadi “STARTTLS”, secara otomatis nanti isian port-nya akan berubah dari yang asalnya “465” menjadi “587”, setelah semuanya diganti klik tombol “OK” untuk menutup jendela settingan SMTP server tersebut. Klik “OK” juga pada jendela “Account Settings” lalu coba anda tes melakukan pengiriman email.

Merubah settingan SMTP server Gmail di Mozilla Thunderbird


7 komentar:

  1. wahhh...
    sip dah
    thx ya mas :D

    BalasHapus
  2. pas masalahnya dan pas solusinya... makasih....

    BalasHapus
  3. kalo bikin lepi kita jadi smtp server [localhost, win7, smartfren] gimana ya
    dah nyoba hmailserver neehhh, ada yg bs bantu plis

    BalasHapus
  4. kalau emailnya dari hosting website pribadi gmn ya?
    misal: email@mysite.com
    saya coba cara di atas belum berhasil.

    mohon pencerahannya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Makasih Gan Tipsnya OKEH banget

    BalasHapus
  6. Makasih banyak gan...membantu sekali..akhirnya bisa kirim email ni... :D

    BalasHapus