Minggu, 26 Juni 2011

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung Yang Sedang Online



whos.amung.us Salah satu ukuran sukses tidaknya blog anda adalah berapa banyak jumlah pengunjung yang mengunjungi blog anda tersebut setiap harinya, hal tersebut bisa dimonitor menggunakan layanan web analytic gratis seperti Google Analytics, saya sendiri memasang kode tracking Google Analytics di semua blog yang saya miliki. Satu-satunya kekurangan Google Analytics ini yang saya rasakan adalah tidak adanya fitur yang memungkinkan kita melihat traffic secara real-time, ya.. berapa jumlah pengunjung yang sedang online dan artikel mana yang paling banyak dilihat pengunjung pada saat kita mengecek blog kita. Untuk mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online anda bisa mencoba menggunakan layanan Clicky, terus terang saya merasa Clicky ini merupakan layanan web analytic terbaik yang pernah saya coba, namun sayang layanan ini hanya gratis kalau pageview blog kita kurang dari 3000 / hari. Solusi gratisan lainnya yang bisa anda gunakan untuk memonitor berapa jumlah pengunjung yang sedang online di blog anda adalah dengan cara memasang widget whos.amung.us di bog anda, saya sendiri memasangnya di blog saya ini (di kanan atas, kotak yang berwarna kuning). Berikut saya ajarkan bagaimana caranya memasang widget whos.amung.us tersebut di blog anda.

Pertama-tama buka dulu situs whos.amung.us, di halaman tersebut anda akan menemukan kode analytic untuk dipasang di blog anda, silahkan anda pilih di posisi mana widget whos.amung.us tersebut ingin anda tampilkan di blog anda, apakah di kiri, di bawah atau di kanan dengan cara meng-klik menu-menu yang ada di bagian "Left", "Bottom" dan "Right" di halaman whos.amung.us tersebut seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Kode tracking whos.amung.us 

Setelah anda pilih posisinya sekarang anda copy kode analytic tersebut dan anda paste-kan kode tersebut ke template blog anda tepat sebelum tag "</html>" seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Menempatkan kode tracking whos.amung.us di template Blogger

Setelah anda paste-kan kode tracking-nya kemudian anda save template blog anda tersebut lalu anda buka blog anda, nanti anda akan melihat widget whos.amung.us tersebut ditampilkan di posisi yang tadi anda pilih.


6 komentar: