Senin, 06 Mei 2013

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar (Brightness) Di Linux Lubuntu Menggunakan xbacklight



Lubuntu 13.04 adalah distro Linux yang saat ini sering saya gunakan di netbook saya karena Lubuntu ini terasa lebih ringan dibandingkan Ubuntu maupun Xubuntu. Namun begitu Lubuntu ini memiliki cukup banyak kekurangan disana-sini, salah satunya adalah tidak adanya program GUI untuk mengatur tingkat kecerahan layar (brightness). Di netbook ASUS 1015PEM saya sebenarnya saya bisa menggunakan tombol FN F5 dan F6 untuk mengatur tingkat kecerahan layarnya, tapi di artikel ini akan saya share alternatif caranya yaitu dengan menggunakan perintah command line dan bantuan program bernama xbacklight. Pertama silahkan anda install dulu program xbacklight-nya menggunakan perintah sudo apt-get install xbacklight setelah selesai sekarang anda cek berapa persen sih tingkat kecerahan cahaya di layar anda saat ini menggunakan perintah xbacklight -get lalu kemudian anda gunakan perintah xbacklight -set 80 untuk merubah persentase brightness layar anda menjadi 80% atau silahkan anda ganti sendiri angkanya sesuai dengan keinginan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar