Minggu, 21 April 2013

Cara Blokir / Menyembunyikan Blog / Situs Spam Agar Tidak Muncul Pada Hasil Pencarian Google Di Firefox & Chrome



Pernahkah anda menemukan blog / situs di hasil pencarian Google yang setelah kita klik ternyata isi artikelnya tidak nyambung ? biasanya sih isinya berupa pengulangan kata kunci yang sebelumnya kita ketikkan di Google, ditambah dengan link yang mengarah ke beberapa artikel di situs tersebut yang isinya kurang lebih berhubungan tapi tetap bukan apa yang kita cari. Sungguh memprihatinkan memang, beberapa pemilik blog / situs mengambil trik tersebut dengan tujuan untuk menggaet penggunjung dari search engine seperti Google. Nah buat anda yang sudah kelewat jengkel karena sering menemukan situs spam seperti yang telah saya terangkan tadi, anda bisa memblokir atau menyembunyikan situs-situs spam tersebut dari hasil pencarian Google baik menggunakan browser Mozilla Firefox maupun Google Chrome (Chromium, dsb), berikut caranya:

Blokir Situs Spam Di Mozilla Firefox

Pertama anda install add-on Hide Unwanted Results of Google Search, setelah selesai coba anda buka Google Search lalu ketikkan kata kunci yang kira-kira akan memunculkan situs spam di hasil pencariannya, setelah ketemu situs spam-nya anda klik kanan di link situsnya lalu pilih menu Add This site to Hide Results. Nanti alamat situs tersebut akan ditambahkan ke database plugin tersebut, nah untuk me-manage database situs spam-nya caranya anda klik Tools > Add-ons, lalu klik menu Extensions, setelah itu cari add-on Hide Unwanted Results of Google Search lalu klik tombol Preferences kemudian klik tombol Settings pada halaman yang muncul.


Blokir Situs Spam Di Google Chrome

Untuk browser Google Chrome, Chromium dan lain sebagainya, cara memblokir situs spam-nya adalah dengan cara meng-install ekstension Personal Blocklist, setelah di-install sekarang anda coba lakukan pencarian di Google, nanti anda akan melihat link bertuliskan Block Alamat_Situs disetiap alamat situs yang muncul pada hasil pencarian Google, klik link tersebut pada alamat situs yang anda anggap spam. Untuk me-manage daftar alamat situs yang pernah anda blokir menggunakan ekstension tersebut, klik icon ekstension Personal Blocklist nya di browser Google Chrome anda (yang bergambar tangan, di pojok kanan atas).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar