Kamis, 11 April 2013

Cara Melihat Partisi Swap Yang Digunakan Di Linux & Cara Menonaktifkannya



Tadi saya meng-install sistem operasi Fedora 18 di netbook saya, jadi sekarang di netbook saya ini ada 4 sistem operasi yang bisa saya pilih pada saat booting yaitu Ubuntu 12.04 LTS, openSUSE 12.3, Fedora 18 dan Windows 7 Ultimate. Proses instalasi Fedora cukup membingungkan, terutama pada saat setup partisi secara manual, saya harap di versi selanjutnya Fedora memperbaiki hal tersebut. Salah satu hal yang membuat saya bingung pada saat setup partisi tersebut adalah saya tidak bisa men-set supaya Fedora 18 saya menggunakan partisi swap di /dev/sda9 saja, jadi di netbook saya itu ada 3 partisi swap termasuk partisi swap yang akan dibuat oleh installer Fedora, jadi saya ingin agar setiap OS Linux di netbook saya menggunakan partisi swap yang berbeda, namun karena tidak bisa saya set agar Fedora-nya menggunakan partisi swap di /dev/sda9, akhirnya saya biarkan saja dan melanjutkan proses instalasinya sampai selesai.

Setelah selesai proses instalasinya barulah saya nonaktifkan 2 partisi swap lainnya yang masing-masing berlokasi di /dev/sda5 dan /dev/sda7. Caranya pertama saya ketikkan dulu perintah swapon -s untuk melihat daftar partisi swap yang digunakan oleh Fedora 18 saya, pada gambar berikut anda bisa melihat daftarnya:


Selanjutnya saya login sebagai root dengan cara mengetikkan perintah su - lalu saya masukkan password root saya dan saya ketikkan perintah untuk menonaktifkan partisi swap di /dev/sda5 dan /dev/sda7, berikut perintahnya:

swapoff /dev/sda7

swapoff /dev/sda5

Kemudian saya cek lagi menggunakan perintah swapon -s dan ya.. sekarang Fedora 18 saya hanya menggunakan partisi swap di /dev/sda9 saja seperti yang saya inginkan.

Langkah selanjutnya adalah meng-edit file fstab, file fstab ini memuat daftar partisi yang digunakan oleh Fedora 18 saya, jadi saya harus menghapus juga partisi swap /dev/sda5 dan /dev/sda7 di file fstab tersebut, namun sebelum saya bisa melakukannya saya harus tahu UUID partisi swap-nya karena di file fstab daftar partisinya diidentifikasi menggunakan UUID bukan nama lokasi seperti /dev/sda5 dan sebagainya. Untuk melihat UUID semua partisi di harddisk kita berikut perintahnya: blkid berikut daftar UUID partisi harddisk saya:


Setelah mengetahui UUID partisi swap yang akan dihapus maka saya buka file fstab-nya menggunakan perintah gedit /etc/fstab tunggu hingga file-nya terbuka kemudian saya cocokkan satu persatu UUID-nya lalu saya hapus dan saya save file-nya, berikut ini file fstab Fedora 18 saya sebelum dan sesudah di-edit:

Sebelum di-edit


Sesudah di-edit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar