Senin, 22 April 2013

Cara Cari Channel TV Di Program TVHome Media2 (Gadmei UTV380)



Kemarin malam saya meng-install program TVHome Media2 di netbook ASUS 1015PEM saya, tv tuner yang saya gunakan adalah tv tuner jenis USB merek Gadmei yaitu Gadmei UTV380. Nah di artikel ini akan saya ajarkan bagaimana cara cari channel tv di program TVHome Media2 tersebut karena dulu waktu pertama kali saya mencobanya saya pun sempat mengalami kesulitan, berikut caranya:

Sebelum melakukan pencarian channel tv, pastikan tv tuner Gadmei UTV380 anda telah terhubung ke antena tv baik itu antena kabel (bawaan) atau antena tv yang biasa digunakan oleh tv-tv pada umumnya.

Setelah anda install lalu anda jalankan programnya maka anda akan melihat jendela kecil dengan tulisan No channels information, please scan! seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, klik tombol Cancel lalu klik tombol ATV di pojok kiri bawah program TVHome Media2 anda.


Selanjutnya anda akan melihat jendela kecil dengan tulisan No channels information, please scan! lagi, kali ini anda klik tombol OK, nanti anda akan melihat jendela dengan tampilan seperti yang terlihat pada gambar screenshot di bawah ini:


Pada jendela di atas, anda ganti pilihan Area nya menjadi Indonesia, jika anda menggunakan antena kabel (bawaan) anda biarkan saja pilihan pada bagian Antenna nya pada pilihan Cable, sebaliknya jika anda menggunakan antena tv yang biasa digunakan oleh tv-tv pada umumnya (yang suka diletakkan di atas genteng) anda ganti pilihannya ke TV, setelah itu klik tombol Auto untuk memulai proses pencarian channel tv, nanti setelah prosesnya selesai anda akan melihat daftar channel yang ditemukan pada sisi sebelah kanan jendela tersebut seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, jika tidak ada atau hanya sedikit channel tv yang ditemukan coba anda pindah posisi antena kabel-nya lalu anda coba lakukan scanning lagi.


Untuk mengganti nama channel tv-nya anda double-click pada bagian yang saya tunjukkan dengan panah pada gambar di atas, setelah selesai mengganti nama channel tv-nya anda klik tombol Return untuk berpindah ke mode tampilan menonton tv.

Untuk menonton tv secara fullscreen caranya anda double-click saja di layar, untuk kembali ke tampilan non-fullscreen anda double-click lagi di layar. Jika anda merasa tampilan gambar tv-nya terlihat terlalu kotak sementara layar komputer anda bentuknya wide (lebar), anda bisa merubahnya dengan cara klik kanan di layar lalu pilih menu Window Ratio > 16:9 atau FillWind.

Untuk berpindah channel anda bisa melakukannya dengan cara melakukan klik pada panah kecil ke atas / ke bawah di bagian tengah bawah jendela program TVHome Media2 anda, atau bisa juga dengan cara klik kanan di layar lalu pilih menu Channel Manager, lalu double-click pada channel yang anda tonton kemudian klik tombol Return untuk kembali ke mode tampilan menonton tv.

4 komentar:

  1. apakah ada channel luar negeri? contohnya channel untuk nonton liga inggris.. mohon dijawab.. terima kasih

    BalasHapus
  2. cara cari channel secara manual nya gmn yah???

    BalasHapus
  3. Wah punyaq kq g bisa nge-detect sama sekali y? (udah di coba pake antenna bawaan & antenna yg dipake di tv)...

    BalasHapus