Sabtu, 16 Maret 2013

Apa Yang Dimaksud Dengan OS Host & Guest Di VirtualBox



Pada saat anda belajar program VirtualBox dengan membaca-baca artikel-artikel di Internet mungkin anda akan sering menemukan kata OS host dan OS guest ditulis, nah apa sih yang dimaksud dengan OS host dan guest tersebut ? Terjemahan dari kata host adalah tuan rumah, sedangkan guest adalah tamu, jadi yang dimaksud dengan OS host di program VirtualBox itu adalah OS tuan rumah tempat anda meng-install program VirtualBox-nya, sedangkan OS guest adalah OS-OS yang anda install menggunakan program VirtualBox. Pada gambar screenshot di bawah ini bisa anda lihat bahwa saya telah meng-install 4 buah OS guest di program VirtualBox saya yaitu CentOS 6.3, Windows 8, CentOS 6.4 versi minimal dan Ubuntu 12.04 LTS. Sedangkan program VirtualBox saya tersebut saya install di Linux Mint 14 sebagai host OS-nya.


2 komentar:

  1. gimana bro kalau virtualbox-nya dipasang di laptop dng win 7 home premium 64 bit, terus di virtualbox itu ingin diinstall win 8 tapi win 8 32 bit, apakah itu bisa berjalan normal bro..?. thank pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok tidak masalah, yang penting spesifikasi laptop anda kuat untuk menjalankan program VirtualBox beserta sistem operasi virtualnya.

      Hapus