Rabu, 30 Januari 2013

Cara Redirect Sebuah Halaman Ke Halaman Lainnya Di Blogger



Menu Search Preferences di Blogger Kemarin malam saya mengganti 1 nama label di blog ini, yaitu dari Virtual ke Virtualisasi, nah daripada nanti ketika orang yang mengunjungi alamat label Virtual menemukan halamannya “not found” alias tidak ditemukan, saya redirect saja menggunakan fitur redirect yang ada di Blogger. Cara untuk me-redirect sebuah halaman ke halaman lainnya di Blogger adalah sebagai berikut, anda masuk ke menu Settings > Search Preferences blog anda, lalu klik link Edit pada Custom Redirects seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas. Setelah itu anda klik tombol New Redirect lalu masukkan alamat halaman yang ingin anda redirect dan lokasi barunya seperti contoh yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, disitu ada pilihan Permanent yang bisa anda centang, klik pilihan tersebut jika anda ingin memindahkan halaman tersebut ke lokasi baru secara permanen, hal ini cocok dilakukan jika halaman lama telah anda hapus. Setelah itu klik Save lalu klik tombol Save changes, sekarang coba anda cek halaman lamanya, otomatis di-redirect ke alamat baru kan ?

Me-redirect halaman di Blogger

Kebetulan waktu itu saya lupa mencentang pilihan Permanent tersebut dan baru pagi ini saya edit lagi redirect-nya, berikut gambar screenshot setting halaman yang di-redirect setelah di edit:

Settingan redirect halaman yang telah di-edit di Blogger 

Untuk mencek apakah sebuah URL di-redirect secara permanen (301) atau sementara (302), anda bisa meng-install ekstension bernama Redirect Path di browser Google Chrome atau browser-browser lainnya yang berbasis Chromium seperti Comodo Dragon yang saat ini saya gunakan. Berikut ini adalah screenshot penampilan informasi redirect sebuah URL pada ekstension Redirect Path di browser Comodo Dragon:

Cek tipe redirect menggunakan ekstension Redirect Path di browser Comodo Dragon


Tidak ada komentar:

Posting Komentar