Rabu, 29 Agustus 2012

Cara Mengatasi Error 404 Page Not Found Ketika Membuka Gambar Di Blog WordPress



Kemarin saya mengutak-atik theme salah satu blog WordPress saya (self hosted), satu hal yang saya modifikasi adalah penambahan cover gambar untuk setiap kategori, nah ada masalah yang saya temukan ketika melakukan hal tersebut yaitu ketika gambarnya sudah saya upload lalu saya coba tes membuka gambar tersebut dengan mengakses URL-nya secara langsung (contoh: namablogsaya.com/gambar.jpg) ternyata gambarnya tidak muncul dan saya malah melihat halaman error 404 page not found blog WordPress saya. Saya sempat dibuat bingung apa ya masalahnya, ternyata eh ternyata masalahnya ada pada setting-an HotLink Protection di cPanel saya. Ya.. dulu saya mengaktifkan HotLink Protection ini setelah mengetahui ada beberapa blog yang meng-copy paste mentah-mentah artikel-artikel blog saya termasuk gambarnya, jadi gambarnya itu nge-link ke server saya, itu sama saja dengan maling jatah bandwidth hosting saya jadi terpaksa deh saya aktifikan fitur HotLInk Protection-nya.

Kembali ke topik, cara untuk mengatasi error 404 page not found blog WordPress ketika anda mengakses URL gambar secara langsung adalah dengan cara mengaktifkan pilihan “Allow direct requests” di menu HotLink Protection cPanel anda seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Pilihan allow direct requests di HotLink Protection cPanel

Jadi jika anda pernah mengaktifkan fitur HotLink Protection di cPanel anda sebelumnya kemudian mengalami masalah yang sama dengan saya, maka solusinya adalah login ke akun cPanel anda tersebut, klik menu “HotLink Protection”, ceklist pilihan “Allow direct requests” lalu klik tombol “Submit” untuk mengaktifkan perubahan.


2 komentar:

  1. saya mengalami hal tersebut pada blog saya di wordpress,berhasil diupload tapi gambar tidak keluar dan di klik malah 404 error not found. untuk settingnya dapat di lihat di mana ya? karna saya cek di settingan wordpress tidak ada kotak "block direct access". terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan settingan di wordpress gan, tapi settingan di cPanel (control panel akun hosting agan)

      Hapus