Kamis, 09 Agustus 2012

Cara Melihat IP Address Kita (Public & Private)



Mungkin ada kalanya anda butuh tahu berapa sih IP address komputer yang anda gunakan, nah di artikel kali ini saya akan membuat tutorial tentang itu. Sebelumnya saya terangkan sedikit tentang IP address, IP address itu ada dua jenis yaitu public IP address dan private IP address, apa perbedaannya ? public IP address adalah IP address yang diatur oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) untuk penggunaan di internet, jadi tidak akan ada public IP address yang sama di internet, nah kalau private IP address ini adalah untuk penggunaan jaringan LAN yang menggunakan range antara 10.0.0.0 – 10.255.255.255, 172.16.0.0 – 172.31.255.255 dan 192.168.0.0 – 192.168.255.255.

Berikut cara melihat IP address anda, kebetulan saya menggunakan ISP salah satu operator CDMA di Indonesia, berikut caranya:

Cara Melihat Public IP address

Pertama anda buka alamat situs Google.com/ncr, kemudian ketikkan “ip” lalu tekan enter, nah nanti akan muncul informasi public IP address anda seperti contoh yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan informasi public IP address di Google  

Cara Melihat Private IP Address

Klik menu “Start” di pojok kiri bawah Windows anda lalu ketikkan “cmd” di search bar lalu tekan enter, nanti akan muncul jendela program Command Prompt.

Ketikkan “ipconfig” (tanpa tanda kutip) di Command Prompt tersebut, nah nanti akan muncul sejumlah data termasuk private IP address anda seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini yang saya beri warna kuning.

Info private IP address di program Command Prompt Windows


Tidak ada komentar:

Posting Komentar