Rabu, 22 Juni 2011

Cara Chatting Di Gmail



Di Gmail, selain kita bisa menerima dan mengirim email kita juga bisa chatting dengan orang-orang yang sering bertukar email dengan kita. Jika kebetulan orang yang akan anda kirimi email tesebut sedang online maka anda bisa langsung chatting dengan dia. Saling bertukar pesan dengan cara ini tentu akan lebih cepat dibandingkan menggunakan email. Fitur chatting di Gmail letaknya ada di sebelah kiri bawah seperti yang terlihat pada gambar di bawah (bagian yang saya beri warna kuning).

Lokasi fitur chatting di Gmail

Jika teman anda yang juga menggunakan email di Gmail belum ada di daftar teman chatting anda, anda bisa menambahkannya dengan cara mengklik tanda panah kecil di samping tulisan "Ngobrol" seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, kemudian anda klik menu "Tambahkan Kenalan", setelah itu jendela kecil akan muncul, masukkan alamat email teman anda tersebut di form isian jendela kecil tadi lalu klik tombol "Kirim Undangan".

Menambah teman chatting di Gmail

Teman anda yang sedang online akan diberi tanda bulatan kecil berwarna hijau, sedangkan yang offline akan diberi tanda bulatan kecil berwarna abu-abu dengan tanda "x" di dalamnya. Untuk mengajak chatting teman anda yang sedang online anda klik saja nama teman anda tersebut di dalam daftar, nanti akan muncul jendela chatting kecil di bagian kanan bawah browser anda seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Ketik pesan anda di form isian jendela chatting tersebut lalu tekan tombol Enter untuk mengirimkannya. Untuk chatting dengan teman-teman anda sesama pengguna Gmail anda bisa menggunakan aplikasi Instant Messenger bernama GTalk, download dan install saja aplikasi ini di komputer anda, supaya anda tidak perlu lagi membuka browser dan login ke akun Gmail anda hanya untuk sekedar chatting. Di artikel selanjutnya saya akan mengajarkan kepada anda bagaimana caranya mengganti tema tampilan Gmail anda.

Jendela chat di Gmail


6 komentar:

  1. kalau teman saya dari yahoo mail bisa gx kita ajak chat di gmail gan...??
    thanks

    BalasHapus
  2. sekarang sudah beda tampilannnya broow,,,

    BalasHapus
  3. Kl chtting pk gmail pk hp android bisa nggak? Thx

    BalasHapus
  4. musti versi standard ni yg html biasa ga ada, internet lemot ga dukung he :-)

    BalasHapus