Kamis, 19 Mei 2011

Cara Membuat Alamat Email Di Gmail



Gmail Gmail adalah sebuah situs penyedia layanan email gratis yang dimiliki oleh Google Inc., sebuah perusahaan internet asal Amerika Serikat yang terkenal dengan layanan mesin pencarinya itu, ya.. mesin pencari Google. Untuk mulai membuat alamat email di Gmail langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi situs Gmail tersebut tentunya, klik disini untuk mengunjungi situs Gmail, selanjutnya anda klik tombol dengan tulisan "Buat akun" yang terletak di pojok kanan bawah halaman tersebut, nah selanjutnya anda akan di bawa ke halaman yang berisi formulir pendaftaran akun email baru di Gmail seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Halaman formulir pendaftaran di Gmail

Pertama-tama masukkan Nama Depan dan Nama Belakang anda, selanjutnya masukkan Nama Login Yang Diinginkan, nama login ini akan menjadi bagian dari alamat email anda di Gmail. Klik tombol dengan tulisan "cek ketersediaan" untuk mengecek apakah nama login yang anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain atau belum.

Selanjutnya masukkan Kata Sandi / Password di bagian "Buat sandi", kata sandi ini minimal 8 karakter. Agar password anda tidak mudah ditebak oleh orang lain tipsnya adalah: gunakan campuran huruf dan angka, jangan gunakan kata-kata umum yang mudah ditebak oleh orang lain, dan akan lebih aman lagi kalau anda juga menggunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, tapi pastikan juga anda gampang mengingatnya. Sebagai acuan apakah password yang anda pilih sudah cukup aman (sudah cukup sulit untuk ditebak oleh orang lain), anda bisa melihat indikator kerumitan password yang muncul di bagian bawah link "Kerumitan Sandi". Setelah ketemu password yang akan anda gunakan selanjutnya masukkan kembali password tersebut di bagian "Masukkan kembali kata sandi", maksud dari hal ini adalah untuk memastikan anda tidak salah mengetikkan password.

Selanjutnya pilih Pertanyaan Keamanan, di bagian ini anda bisa membuat pertanyaan keamanan sendiri, agar lebih aman saya sarankan sebaiknya anda membuat pertanyaan keamanan sendiri. Apa fungsi dari pertanyaan keamanan ini ?? fungsinya adalah sebagai pertanyaan yang akan diajukan Gmail kepada anda jika suatu saat anda lupa dengan password email anda dan ingin me-reset passwordnya. Pastikan jawaban dari pertanyaan kemanan tersebut hanya anda yang bisa mengetahuinya dan tidak bisa dicari tahu oleh orang lain dengan cara merisetnya, sebagai contoh jangan gunakan pertanyaan keamanan seperti: kapan anda lahir ?? atau siapa nama ibu kandung anda ?? karena pertanyaan seperti itu bisa dengan mudah dicari tahu oleh orang lain.

Bagian Email Pemulihan sama fungsinya dengan pertanyaan kemanan yaitu akan digunakan jika suatu saat anda lupa dengan password email anda di Gmail, pilihan ini opsional artinya jika anda tidak memiliki alamat email lain anda bisa mengosongkannya, tapi jika anda memilikinya lebih baik anda mengisikannya.

Selanjutnya pilih Lokasi anda lalu masukkan Verifikasi Kata, ketikkan kata yang anda lihat di bagian "Verifikasi kata" ke form inputan di bawahnya, hal ini fungsinya adalah untuk memastikan bahwa pendaftar yang ingin mendaftar adalah manusia bukan bot (program otomatis).

Setelah itu anda baca Persyaratan Layanan yang berlaku di Gmail, jika anda setuju dengan persyaratan layanan tersebut anda klik tombol dengan tulisan "Saya menerima. Buat akun saya". Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman seperti yang terlihat di bawah ini.

Proses pembuatan alamat email baru di Gmail berhasil

Selanjutnya klik tombol dengan tulisan "Tunjukkan akun saya" untuk masuk ke inbox alamat email anda. Di artikel selanjutnya saya akan mengajarkan kepada anda bagaimana caranya menggunakan Gmail termasuk hal-hal mendasar seperti bagaimana caranya mengirim dan membaca email di Gmail.

Jangan lupa untuk selalu mengklik tombol Keluar atau Logout atau Sign Out setiap kali anda selesai menggunakan Gmail atau akun-akun anda lainnya di internet, terutama jika anda menggunakan internet dari tempat umum seperti warnet, kantor atau kampus, hal ini dilakukan untuk mencegah agar akun anda tidak diambil alih oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Posisi tombol keluar di Gmail bisa diakses dengan cara mengklik link bertuliskan alamat email anda yang letaknya ada di pojok kanan atas seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas ini. Selamat! anda kini telah memiliki sebuah alamat email.

Posisi tombol keluar di Gmail


Tidak ada komentar:

Posting Komentar